Beli produk grosir untuk Bisnis Anda
Pengiriman Cepat & Murah
Pemasok Terpercaya
Pembayaran 100% Aman
BannerImage

Siapa Elon Musk? Berikut Tips Sukses Pebisnis Terkaya di Dunia

#Pengadaan
Zilingo Team
Siapa Elon Musk? Sering berlalu lalang di telinga warganet, Elon Musk (50) adalah seorang entrepreneur, penemu dan tokoh bisnis asal Pretoria, Afrika Selatan yang baru-baru ini kembali diperbincangkan lantaran prestasinya membeli saham terbesar milik Twitter.

Profil Elon Musk

Hampir selalu menghadirkan gebrakan baru di industri, biografi Elon Musk menjadi sangat menarik untuk dibahas. Musk lahir dari pasangan yang berlatar belakang jauh dari dunia bisnis. Ibunya, Regina adalah seorang model asal Kanada, dan ayahnya Errol Musk merupakan pilot, ahli elektromekanikal, sekaligus pelaut. Elon Musk memiliki masing-masing satu saudara laki-laki dan perempuan bernama Kimbal dan Tosca. Sejak berumur 10 tahun, Elon Musk tertarik pada dunia komputer dan di usia 12 tahun ia mendapatkan $500 pertamanya dari menjual kode program komputer untuk sebuah game yang dinamai Blastar.
Setelah 17 tahun, Elon Musk pindah ke negara asal sang ibu untuk menimba ilmu sekaligus menghindari wajib militer di Afrika Selatan. Setelah lulus dari gelar S1 Ekonomi di University of Pennsylvania, Elon Musk mengambil S1 berikutnya di bidang fisika. Sayangnya, ketika hendak melanjutkan gelar Phd di University of Stanford, di hari kedua Elon Musk tergiur untuk mengejar mimpinya memperdalam bidang wiraswasta internet dan luar angkasa, yang membuat Elon Musk tidak melanjutkan studinya.

Kekayaan Elon Musk

Kisah hidup Elon Musk yang cukup unik membuat kita tertarik membahas jumlah kekayaannya. Setelah dilaporkan menjadi orang terkaya keempat di dunia pada akhir 2020 lalu, Elon Musk berhasil mendaki ke peringkat dua daftar pengusaha dengan kekayaan terbanyak versi Forbes di pertengahan April 2021. Dan hanya dalam kurun waktu kurang dari setahun, di tahun 2022 Elon Musk berhasil menyalip kompetitornya dan mengantongi gelar nomor satu di daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes, menyingkirkan Jeff Bezos (Amazon), Bernard Arnault (Louis Vuitton) dan Bill Gates (Microsoft).
Dikutip dari Katadata, kekayaan Elon Musk saat ini dilaporkan mencapai US$219 miliar atau sekitar Rp3.144 triliun. Bukan sulap bukan sihir, total kekayaan Elon Musk juga mengalami lonjakan dari semula $151 miliar atau setara Rp2,187 triliun di tahun 2021 dikarenakan kenaikan saham milik salah satu perusahaannya, yaitu Tesla Motors.

Tips Sukses Elon Musk

Bisnis Elon Musk berfokus kepada pengembangan teknologi dan internet. Sebagai co-founder dan investor lebih dari empat perusahaan besar di USA: Zip2, Paypal, SpaceX, Tesla Motors, Solar City dan lainnya, Elon Musk memiliki beberapa sifat yang tanpa disadari berhasil menuntunnya menjadi seorang pengusaha sukses yang tengah diidolakan anak muda saat ini. Bagi Anda pelaku bisnis yang ingin mengikuti jejaknya, berikut tiga karakter utama dari Elon Musk yang dapat dijadikan teladan.

Suka Bermimpi

Semua berawal dari mimpi. Sejak kecil Elon Musk selalu ingin menjelajah antariksa. Ia percaya, akan ada kesempatan bagi manusia untuk tinggal di planet lain selain Bumi. Dari mimpi ini, lahirlah SpaceX. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjelajahan transportasi luar angkasa dan didirikan pada tahun 2002. Berbekal pola pikir yang visioner, Elon Musk berkeinginan untuk mengurangi biaya perjalanan penerbangan antariksa bagi manusia hingga sepersepuluhnya. Menurutnya, SpaceX merupakan bentuk eksekusi tahap awal dari perluasan dan pelestarian hidup manusia. Dengan adanya kehidupan multiplanet, nantinya manusia bisa meredam ancamanan kepunahannya sendiri yang disebabkan oleh bencana alam maupun sumber daya yang semakin berkurang.
Memang terdengar cukup gila, sampai-sampai di awal karirnya SpaceX sempat menuai kritik dan dianggap remeh oleh banyak pihak. Tanpa memperdulikan apa kata orang, pria kelahiran Pretoria, Afrika Selatan ini tetap fokus dan mencari cara untuk mewujudkan mimpinya untuk menghabiskan sisa hidup di planet Mars dalam waktu 10 hingga 20 tahun mendatang. Kegigihannya pun berbuah manis, di tahun 2012 SpaceX berhasil meluncurkan roket pertamanya yaitu Rocket Falcon 9 dan disusul dengan Rocket Falcon 9 kedua di tahun 2013. SpaceX pun kemudian menjadi perusahaan swasta yang dipercaya NASA untuk berpartisipasi dalam program pengiriman kargo ke International Space Station. Elon Musk juga mengatakan bahwa Ia berencana untuk pengiriman astronaut sebagai upaya kolonisasi Mars oleh manusia secepatnya.

Siap Gagal untuk Sukses

Tidak ada kesuksesan yang diperoleh tanpa kegagalan. Bukan hanya satu, tapi segudang kegagalan pernah dirasakan oleh seorang Elon Musk. Mulai dari lamaran kerja yang ditolak, dipecat, gagal mendapatkan sponsor karena dianggap remeh, hingga hampir bangkrut.
Banyaknya kegagalan dalam karir tidak lantas membuat Elon Musk menyerah. “Kegagalan adalah pilihan. Jika Anda tidak gagal, itu tandanya Anda belum berinovasi”, kutipnya di salah satu wawancara. Elon Musk juga tidak melihat kegagalan sebagai sesuatu yang Ia takuti, menurutnya jika kita tidak takut terhadap sesuatu, maka hal tersebut tidak akan menjadi ancaman yang akan menghentikan kita.

Pintar Melihat Peluang

Masalah adalah kunci dimana peluang bisa tercipta. Sebagai seorang pengusaha, pria yang mendapat julukan Iron Man di dunia nyata ini seringkali melihat setiap kendala yang dijumpai dalam keseharian sebagai peluang bisnis. Setiap bisnis yang didirikannya seakan menjadi solusi dari masalah yang sebelumnya bahkan tidak pernah terpikirkan. Contohnya isu kelestarian umat manusia di Bumi yang menurutnya bisa terancam. Karena hal tersebut, Elon Musk mendedikasikan SpaceX sebagai perusahaan yang meneliti lebih lanjut soal kemungkinan kehidupan multiplanet. Selain itu, Ia juga mendirikan X.com sebagai perusahaan yang bergerak di dunia keuangan pada tahun 1999. Karena kejeliannya dalam melihat peluang, X.com dengan cepat mengakuisisi Paypal sebagai satu dari sedikit penyedia jasa layanan transfer uang secara global pada masa itu. Di tahun 2001 Paypal berhasil berekspansi hingga akhirnya diakuisisi oleh eBay. Sementara Elon Musk mendapatkan 11,5% saham eBay yang kini bernilai $165.
Sebaik-baiknya bisnis adalah bisnis yang bisa menjawab sebuah permasalahan. Mulailah dari hal terkecil dan manfaatkan peluangmu. Semoga rahasia sukses dari Elon Musk tadi dapat memotivasi Anda dalam menjadi entrepreneur yang juga dapat menginspirasi orang lain. Zilingo Trade siap membantu untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis Anda. Manfaatkan juga layanan pemasaran atau keuangan kami dan ciptakan peluang bersama www.zilingotrade.id.
Zilingo Team
Related Blogs
#Pengadaan
3 Bisnis Paling Menguntungkan Selama Ramadan
“Ramadhan tiba semua bahagia, tua dan muda bersuka cita. Bulan ampunan bulan yang berkah. Bulan terbebas api neraka”. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Tak terasa hanya tinggal menghitung hari datangnya bulan yang suci. Seperti yang dikutip dari lirik lagu Opick - Ramadan Tiba, tergambar suasana dimana semua orang begitu mendambakan datangnya bulan Ramadan. Tak heran, selain mendapat julukan sebagai bulan penuh rahmat dan ampunan, Ramadan juga menjadi bulan yang spesial bagi perekonomian beberapa negara di dunia. Di negara dengan mayoritas penduduk beragama Muslim, tingkat konsumsi masyarakat cenderung meningkat secara drastis. Tidak hanya Qatar atau Uni Emirat Arab yang merupakan negara dengan sumber pendapatan berkapita tinggi, namun juga negara berkembang seperti Indonesia. Beberapa tradisi turun temurun yang dilakukan sepanjang bulan Ramadan rupanya menjadi pemicu utama pola konsumerisme di tengah masyarakat. Bersantap sahur, berbuka, dan beribadah bersama keluarga, hingga persiapan Idul Fitri tetap menjadi momen yang kerap dinanti selama bulan Ramadan. Terbukti dari survei yang dilakukan oleh Mobile Marketing Association (MMA) dan SurveySensum pada Ramadan 2020 mencatat bahwa terlepas dari pandemi Covid-19 dan ketidakpastian finansial yang menerpa masyarakat, peningkatan daya beli terhadap barang-barang Islami dan pakaian meningkat hingga 46%. Tentu hal ini menjadi peluang bisnis yang baik untuk para pelaku usaha maupun pedagang musiman yang hanya sekedar ingin mendapatkan suntikan dana selain THR. Lantas, bisnis apa sajakah yang paling menguntungkan untuk dijalankan selama bulan Ramadan?
Read More
Konfirmasi
Yakin akan melanjutkan proses ini?
Batal Konfirmasi