Beli produk grosir untuk Bisnis Anda
Pengiriman Cepat & Murah
Pemasok Terpercaya
Pembayaran 100% Aman
BannerImage

Yang Perlu diketahui Sebelum Menggunakan Jasa Influencer Marketing

#Pemasaran
Tim Editorial Zilingo
Pemasaran digital merupakan tahapan penting bagi sebuah brand untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Dalam memasarkan bisnis melalui media digital, Anda pasti sudah familiar dengan istilah influencer. Berasal dari bahasa Inggris, influencer dapat diartikan sebagai seorang tokoh yang memiliki pesona dan pengaruh kuat di ranah digital. Besar atau kecilnya seorang influencer dapat dilihat dari jumlah pengikut yang dimiliki di media sosial. Karena jumlah pengikutnya yang cenderung di atas rata-rata, beberapa brand biasanya mengajukan kerja sama dengan para influencer terkait pemasaran produknya. Inilah yang kemudian dikenal sebagai influencer marketing. Pemasaran produk melalui para influencer memang sudah terkenal efektif dan cepat. Namun, sebelum menggunakan jasa mereka, ada baiknya Anda menyimak beberapa hal yang perlu diketahui agar tidak salah dalam menentukan strategi.

Menentukan Pesan Komunikasi

Sebagai layaknya sebuah brand, penting bagi Anda untuk menentukan pesan yang akan dibawa dan tujuan pemasaran dari produk Anda. Pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui pilar-pilar komunikasi yang nantinya disampaikan lewat para influencer kepada target pasar. Apa tujuan dari pemasaran digital kali ini? Apakah untuk merilis produk baru? Memperluas brand awareness? Ataukah untuk meningkatkan traffic ke akun bisnis Anda dengan cara melakukan giveaway? Komunikasikan dengan sejelas-jelasnya kepada influencer Anda, sehingga nantinya mereka tidak lupa poin-poin yang harus mereka jaga saat proses pemasaran berlangsung.

Memilih Influencer Berdasarkan Demografi

Kenali dengan baik persona setiap influencer sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama. Pilih dengan bijak tokoh-tokoh yang bisa mewakilkan produk ataupun target audiens. Tidak semua persona di internet dapat menguntungkan bisnis Anda. Daripada menghabiskan dana untuk bekerja sama dengan influencer kenamaan, lebih baik pilih yang sesuai dengan demografi konsumen Anda. Misalnya, jika Anda berlokasi di Medan, maka targetkan influencer asal Sumatera dan sekitarnya untuk mewakili brand atau produk Anda. Selain itu, jangan lupa pertimbangkan usia rata-rata, jenis kelamin, pendapatan atau bahkan kepercayaan seorang influencer untuk hasil pemasaran yang lebih optimal. Semakin dekat dengan target pasar, semakin bagus. Menurut Global Trust Advertising Nielsen, 83% konsumen lebih mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal baik secara langsung maupun virtual. Angka ini lebih tinggi dari iklan di TV, yang hanya dipercaya oleh 63% konsumen.

Prioritaskan Engagement Rate

Dalam praktiknya, influencer dibagi kedalam empat kategori. Influencer mikro adalah persona yang memiliki pengikut paling kecil diantara keempatnya. Influencer mikro biasanya memiliki pengikut sebanyak kurang lebih 10.000 di akun media sosialnya. Selain itu, ada juga influencer makro dengan pengikut di atas 100.000 atau lebih. Influencer premium adalah seseorang dengan pengikut berjumlah jutaan. Sementara Selebgram, adalah tokoh masyarakat atau artis yang menggunakan media sosialnya untuk jasa influencer marketing. Pada umumnya, media sosial yang digunakan untuk proses influencer marketing adalah Instagram. Fakta bahwa Indonesia menempati posisi keempat pengguna Instagram terbanyak di dunia dengan total lebih dari 59 juta pengguna, membuat jangkauan pemasaran digital lewat Instagram lebih luas daripada media sosial lain. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan adanya bentuk influencer marketing lewat media sosial lain seperti Twitter, Tiktok maupun YouTube.
Yang lebih besar, belum tentu lebih baik. Menggunakan jasa influencer marketing tidak harus terpaku pada jumlah pengikut yang terlihat menjanjikan. Daripada memprioritaskan angka pengikut seorang influencer, cobalah fokus pada engagement rate. Walaupun memiliki pengikut terkecil, persentase kemungkinan seorang konsumen membeli produk dari hasil rekomendasi influencer mikro justru lebih besar dari jenis influencer lainnya yakni mencapai 82%. Dengan tingginya engagement rate serta audiens yang lebih spesifik, influencer mikro dinilai dapat membuat konten promosi yang lebih relevan dengan audiensnya.

Influencer adalah Creative Director

Kebanyakan brand atau produk yang menggunakan jasa influencer marketing hanya memanfaatkan pesona digital dan banyaknya jumlah pengikut yang dimiliki seorang influencer. Para influencer biasanya sudah diberikan panduan khusus dari brand terkait cara mempromosikan produknya. Alih-alih membuat orang tertarik untuk membeli, keseragaman konten yang ditimbulkan justru membentuk stigma buruk serta trust issue untuk kedua belah pihak, baik brand maupun influencer. Konsumen nantinya akan berpikir bahwa sosok influencer yang mereka percaya tidak lagi merekomendasikan produk secara tulus, melainkan karena terikat kontrak dengan brand tertentu. Untuk menghindari hal ini, cobalah beri kebebasan kepada influencer yang Anda pilih dalam menggunakan kreativitas mereka. Anggap mereka sebagai seorang Creative Director yang akan membantu memproyeksikan produk kepada calon pembeli lewat berbagai gaya konten. Meski terkesan berisiko, para influencer ini justru dapat dipercaya sebagai konsultan yang melihat brand Anda dari sudut pandang konsumen dan mengetahui secara jelas seperti apakah konten yang dapat menjangkau audiens secara optimal.

Peningkatan Order Bukan Tujuan Utama

Tujuan utama menggunakan jasa influencer marketing yang sebenarnya bukanlah soal meningkatnya jumlah pesanan. Dengan melakukan pemasaran lewat beberapa influencer, Anda sedang mebangun persentase brand awareness terhadap produk Anda dan menjangkau target pasar yang lebih luas. Anggaplah para influencer ini sebagai perantara antara produk Anda dan calon konsumen. Semakin sering orang lain melihat brand Anda, semakin tinggi rasa percaya yang timbul. Hingga nantinya produk Anda bisa menjadi prioritas yang diingat oleh audiens di saat mereka sedang membutuhkannya.
Walaupun influencer marketing tidak secara langsung menjanjikan peningkatan pesanan secara signifikan, dengan dibantu strategi pemasaran digital yang tepat akan membuat brand Anda berkembang secara stabil. Ini saatnya merencanakan strategi pemasaran digital terbaik untuk bisnis Anda. Dapatkan paket perencanaan pemasaran termasuk strategi digital dan jasa influencer marketing dengan harga terjangkau. Percayakan pemasaran digital bisnis Anda kepada Zilingo Marketing Services, klik banner di bawah ini untuk menghubungi kami.
Konfirmasi
Yakin akan melanjutkan proses ini?
Batal Konfirmasi