Beli produk grosir untuk Bisnis Anda
Pengiriman Cepat & Murah
Pemasok Terpercaya
Pembayaran 100% Aman
BannerImage

Ingin Bisnis Bertahan? Ini Kemampuan yang Wajib dimiliki Pebisnis di Era Digital

#Pemasaran
Tim Editorial Zilingo
Dalam satu dekade terakhir, perkembangan era digital mendorong para pelaku bisnis untuk memutar otak dan mengasah beberapa kemampuan baru demi mempertahankan usahanya. Tak hanya dituntut menjadi serba kreatif dan inovatif, pelaku bisnis juga diharuskan memahami cara memanfaatkan teknologi yang sesuai untuk menjangkau pasar yang tepat. Strategi pemasaran konvensional yang stabil bisa dikatakan tak cukup kuat untuk memikat hati para konsumen di era ini. Beberapa usaha tradisional bahkan ikut banting setir dan turut mengkonversikan bisnisnya ke platform yang lebih modern, membuat persaingan pasar jauh lebih sengit dari sebelumnya. Bagi Anda pelaku bisnis yang sedang berjuang merintis usaha, simak lebih lanjut untuk mengetahui beberapa keterampilan serta tools yang harus Anda kuasai guna mengembangkan bisnis dan bersaing di era modern.

Komunikasi Lewat Platform Digital

Dalam menjalin hubungan dengan konsumen, dibutuhkan keterampilan komunikasi yang efektif untuk menciptakan penjualan. Sama halnya di era digital, keterampilan komunikasi juga dibutuhkan dalam berinteraksi dengan calon pembeli. Hanya saja caranya menjadi lebih kompleks di tahap ini, dikarenakan oleh proses dagang bersifat virtual dan tidak bisa menjangkau langsung produk yang dijual. Untuk mengatasi hal ini, yang perlu Anda lakukan adalah meyakinkan para konsumen bahwa produk yang Anda jual adalah produk yang tepat untuk mereka.
Manfaatkanlah platform digital yang ada, seperti Facebook, Instagram atau Tiktok untuk menciptakan situasi kondusif di platform media sosial dan mengkomunikasikan segala hal tentang bisnis Anda. Produk apa yang Anda jual? Apa keunggulannya? Serta bagaimana Anda ingin konsumen mengenal merek dagang Anda? Dalam kata lain, cobalah untuk meningkatkan brand awareness dan membangun asosiasi yang erat kaitannya dengan kebutuhan konsumen melalui strategi komunikasi digital yang dibuat. Sehingga akan lebih mudah bagi konsumen untuk mengingat dan mendahulukan produk yang Anda jual saat mereka membutuhkannya.

Aktif Berkonten di Media Sosial

Setelah menentukan persona yang akan ditampilkan serta mengatur strategi komunikasi yang hendak dibangun, selanjutnya keterampilan yang harus Anda kuasai adalah cara membuat konten digital. Katalog produk, konten interaktif, promosi ataupun edukasi adalah 4 pilar konten yang akan digunakan untuk berinteraksi dengan calon pembeli dan pelanggan di media sosial. Pertama, pastikan jenis konten yang akan dibuat sesuai dengan media sosial yang dipilih. Pelajari juga fitur-fitur yang ada di platform tersebut, karena setiap media sosial memiliki keistimewaannya masing-masing. Misalnya Instagram, selain untuk menampilkan katalog produk berbentuk foto ataupun video, Anda juga bisa berinteraksi dengan followers lewat fitur Question Box ataupun Polling untuk meningkatkan brand engagement dan mendapatkan wawasan mendalam untuk lebih memahami konsumen Anda.
Dalam membuat konten, pastikan desain atau tema yang dibuat selaras dengan pesan yang akan dikomunikasikan. Beberapa aplikasi mobile gratis dapat membantu Anda mengkreasikan konten sesuai dengan platform yang diinginkan. Canva, Unfold dan Mojito menyediakan berbagai template kreatif untuk Facebook & Instagram bisnis Anda. Sementara untuk kebutuhan mengedit video Anda dapat menggunakan Inshot, VN atau Capcut.

Promosi dan Pemasaran Digital

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, Anda wajib mengetahui beberapa cara untuk memperluas promosi dan pemasaran produk yang Anda jual di Internet. Tanpa strategi pemasaran digital yang baik, komunikasi yang telah dibangun lewat media sosial tidak akan optimal. Salah satu cara mendapatkan lebih banyak exposure untuk produk Anda adalah dengan menggunakan jasa influencer, atau seseorang dengan persona internet yang baik dan memiliki banyak pengikut di akun media sosialnya. Penting untuk memilih influencer yang dapat mewakili bisnis Anda dengan secara keseluruhan, karena tujuan utama penggunaan influencer sendiri adalah untuk mempertemukan produk yang Anda jual dengan target pasar yang sesuai.
Beberapa keterampilan dasar diatas wajib Anda kuasai untuk bertahan di era digital. Anda juga dapat mempercayakan strategi promosi dan pemasaran digital untuk bisnis Anda kepada Z Marketing Services yang menyediakan layanan pembuatan katalog, desain kreatif, pemasaran digital, strategi media sosial dan influencer marketing profesional yang berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Dapatkan paket media sosial yang mencakupi perencanaan dan strategi digital selama satu bulan, artwork dan caption, mini brand book, foto tematik, katalog hingga laporan perkembangan bisnis Anda di akhir bulan hanya dengan Rp 7.300.000.
Dengan Z Marketing Services, Anda tak perlu lagi mengkhawatirkan soal rendahnya tingkat brand awareness atau jumlah konversi yang kecil terhadap bisnis Anda. Kami siap memberikan solusi bagi semua permasalahan tersebut sehingga Anda bisa lebih fokus pada penjualan bisnis. Segera daftarkan bisnis Anda sekarang dan ikuti Instagram kami di @zmarketingservices_id untuk melihat beragam klien dan produk yang pernah kami tangani.
Tim Editorial Zilingo
Related Blogs
Konfirmasi
Yakin akan melanjutkan proses ini?
Batal Konfirmasi